Skip to content

Panduan Dasar Merawat Burung

11 Mei 2012

MERAWAT hewan peliharaaan terutama jenis burung berkicau adalah hobi yang sangat menyenangkan. Banyak penghobi menggunakan jasa perawat/pengurus burung, namun tak sedikit pula penghobi yang terjun langsung dalam pemeliharaannya sehari hari, mulai dari memandikan, memberi pakan, penjemuran, kebersihan, stelaan extra fooding dsb.

Namun tak jarang dari kegiatan hobi tersebut menuai kekecewaan, seperti burung yang sudah di piara lama tak kunjung jinak, tak kunjung bersuara atau bahkan yang lebih buruk lagi kematian mendadak akibat salah didalam mengurus.

Selain kekecewaan tentu ada juga rasa kepuasan seperti stelan EF yang pas hingga burung dirasa sehat dan stabil, Gacor sesuai harapan dan juga keberhasilan dalam pola pemasteran suara.

Uraian diatas adalah sekelumit gambaran mengenai hobi burung berkicau, namun point terpenting yang musti kita ingat sebelum memutuskan dalam memelihara jenis kicauan adalah “pengetahuan tentang burung itu sendiri”

Merawat burung berkicau tentu tak sama dengan merawat ikan atau hewan ternak, merawat murai batu tentu tak sama dengan merawat kenari, merawat pentet tentu tak sama dengan merawat perkutut begitu seterusnya.. sehingga kesimpulan akhirnya tiap individu hewan pasti beda perilaku dan juga pola makannya. Jangankan hewan yang beda spesiesnya yang satu kelas saja kadang beda prilakunya, inilah salah satu seni dalam merawat hewan peliharaan.

Sesuai judul diatas, ada istilah tak kenal maka tak sayang, kurang pengetahuan maka buta dalam bertindak..!!

Agar proses dalam perawatan/pemeliharaan hewan yang menjadi hobi kita bisa berjalan mulus, langkah pertama yang musti kita laksanakan adalah “mengenal jenis burung yang kita pelihara tersebut….! Bagaimana caranya? INTERNET adalah salah satu solusi nyata di jaman sekarang yang semuanya sudah diberi kemudahan…

Sebagai ilustrasi: saya ingin memelihara Murai Batu!!, langkah awal sebelum memutuskan untuk membeli murai batu maka buka dan cari di internet apa itu Murai Batu, jenisnya, makanannya, habitatnya, kebiasaannya, type burung apa, musuh yang di takutinya, pola hidupnya, kebiasaan mandinya, karakter suaranya, sexingnya, warna dan sebagainya yang kesemuanya tentang Murai Batu. Jika semua sudah kita pahami barulah putus kan untuk membeli, dan aplikasikan semua yang kita dapat dari internet dengan pola rawatan kita yang menjadi kebiasaan rawatan sehari harinya nanti..

Begitu juga dengan jenis burung yang lain, pelihara kenari, cari info tentang kenari, pelihara cendet, cari info tentang cendet.

Akhirnya saya mencoba mengajak kita para penghobi untuk lebih mengedepankan “pengetahuan” terlebih dahulu ketimbang “membeli”. jangan sampai setelah membeli satu jenis kicauan kita bingung dalam merawatnya, dan lebih buruk lagi kita sendiri malah bingung “ini burung makananya apa??” waahhh dahsyat kalau sudah begitu…

Pengen pelihara kicauan dan rawat sendiri SIAPA TAKUT !!!!!

Semoga dengan artikel yang singkat ini bisa membantu mengurangi tingkat kematian akibat salah dalam mengurus burung kicauan sebagai momongan kita.

Sumber Artikel dari Murai Batu dan di sunting oleh Erzet’s Bird Farm

Jangan lupa share ke teman juga yaa! Terima kasih

From → PERAWATAN BURUNG

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: