Skip to content

Memilih Burung Kenari Bakalan

4 Mei 2012

Dalam memilih burung Kenari Bahan atau bakalan yang bagus bisa juga ditentukan oleh faktor Genetika dari burung tersebut, dan ini tidak mesti dari burung kenari saja, ini berlaku juga untuk semua jenis burung mengenai keturunan dari faktor genetika tersebut.

Burung Kenari tidak hanya mewariskan bentuk fisik atau tubuh dan corak warna tapi bisa juga mewariskan kepiawaian dalam mengalunkan irama suara yang merdu dan menarik, bisa mewariskan daya ingat dan kemampuan dalam mengambil variasi lagu atau irama-irama yang sulit.

Ada beberapa pertimbangan yang dapat membantu kita dalam memilih Burung kenari sebelum kita membelinya, dengan kata lain dengan modal kita yang terbatas dan minim akan tetapi kita ingin mendapatkan Kenari yang cukup proposional dan masuk dalam kriteria.

Burung Handal di kancah Lomba, ini diantaranya : postur tubuh harus di perhatikan, tidak cacat, panjang serta lincah dan memiliki warna yang cerah, dan ingat Khusus Kenari Postur tubuh tidak boleh kegemukan karena kenari jika kegemukkan akan mempunyai sifat yang malas ngoceh.

Pilihlah Burung Kenari yang Jantan, mutlak dan tidak boleh tidak jika orientasi kita untuk ajang Lomba, dan burung tersebut harus yang sudah ngoceh.

Irama dalam membawakan lagu nyaring, memang sangat sulit juga mendengarkan ocehan kenari yang nyaring jika tidak ada pembandingnya, tapi kita bisa memperhatikan Leher Kenari saat ngoceh, apakah ada bagian leher yang menojol didepan, jika ada bisa dikatakan suara dan volume akan nyaring dan keras.

Irama lagu yang di bawakan harus panjang, bervariasi, volume keras dan tebal serta tidak terputus-putus dalam membawakannya.

Perhatikan gaya kenari saat ngoceh, burung kenari yang bagus akan menurunkan atau merentangkan kedua sayapnya saat ngoceh dan akan berjalan kekiri dan kekanan, (biasanya gaya tersebut akan ditampikan saat bertemu kenari jantan atau saat di konteskan). Karena itu perlu di tes dahulu sebelum membeli kenari tersebut.

Dan apakah Kenari tersebut akan Ngotot ikut berbunyi jika melihat kenari jantan lain ngoceh, jadi akan saling bersahutan dalam membawakan ocehannya, karena satu dengan yang lain tidak mau mengalah.

Hal yang perlu juga diperhatikan adalah, Harus mempunyai mental tempur dilapangan yang bagus, ini yang menurut saya sulit dalam memilih kenari, karena ada yang sudah memenuhi beberapa syarat tapi saat di lapangan mentalnya rapuh.

Ciri burung kenari yang mempunyai mental tempur dilapangan yang bagus adalah dia akan terus bernyanyi dan berkicau walaupun digantang ditempat yang ramai dan bertemu dengan burung kenari lainnya.

Kita bisa juga membangun dan melatih mental burung kenari tersebut agar mempunyai mental tempur dengan cara salah satunya yaitu sering menggantangkan burung kenari di tempat-tempat yang ramai dilalui orang, misalnya di depan rumah atau bisa juga sering dibawa ketempat latihan bersama setiap minggunya.

Bisa juga dengan membuatkan kandang umbaran ukuran panjang 3 meter dan lebar 50-70cm, agar kenari sesekali dilatih pernapasannya dan bisa bebas bergerak untuk melatih Stamina atau Fisik.

Demikanlah para sahabat hobi burung kicau mania sebuah sharing info yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita semua, bagi para sahabat hobiburung kicau mania yang memang mempunyai tips-tips memilih kenari bakalan yang bagus bisa berbagi dan memberikan komentarnya disini.

Di kutip dari : info burung dan di sunting oleh Erzet’s Bird Farm. Salam cicit cuit.

Suka? Jangan cuma di baca don, tapi bagi-bagi ke teman juga ya! Terima kasih

From → Burung

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: